Rabu, 20 Juni 2018

LAPORAN HASIL IKM (INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT) SIM SATPAS POLRES TANAH BUMBU


KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
           DAERAH KALIMANTAN SELATAN
                   RESOR TANAH BUMBU


INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT
UNIT PELAYANAN SIM SATPAS POLRES TANAH BUMBU

I.              DASAR :

1.            Undang – UndangRI Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
2.            Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2005;
3.            Sprin Kapolres Tanah Bumbu nomor : Sprin / 83 / I / 2018 tanggal 02 Januari 2018 tentang tim Pokja Quick Wins Renstra Polri Tahun 2015-2019 Polres Tanah Bumbu;
4.            Surat Perintah Kapolres Tanah Bumbu Nomor : Sprin / 14 / I /2018 tanggal 04 Januari 2018 Tentang Survei  indek Kepuasan di Layanan SIM Satpas Polres  Tanah Bumbu;


II.            IKM ( INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT ).

Data dan Informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan daria paratur penyelenggara pelayanan public dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.

                                                         
III.           LANGKAH-LANGKAH

1.            Persiapan bentuk Tim Internal;
2.            Penyiapan bahan dari bentuk Quesioner terdiri 14 (empat belas) unsur pelayanan;
3.            Penetapan responden;

a.            Jumlah responden dan tempat

-               Sebanyak 150 (seratus lima puluh) responden bertempat di pelayanan SIM Satpas Polres Tanah Bumbu

b.            Lokasi dan Waktu

-           Ruang pelayanan SIM Satpas Polres Tanah Bumbu, dari tanggal 01 Januari s/d 30 Maret  2018.



4.            Pelaksanaan pengumpulan data

a.            Pengumpulan langsung oleh costumer Yan SIM.
b.            Dari bentuk Quesioner 14 (empat belas) unsur pelayanan.

5.            Pengolahan Data (Rumus)

Nilai IKM dihitung dengan menggunakan “nilai rata-rata tertimbang” masing-masing unsur pelayanan.  Dalam penghitungan Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap 14 unsur pelayanan yang dikaji, setiap unsur pelayanan memiliki penimbang yang sama dengan rumus sebagai   berikut :
                                                                                                                                                                                                                                               
                                                                    Jumlah Bobot            1
Bobot Nilai rata-rata tertimbang=                                    =                 =  0,071
                                                              Jumlah unsur              14



Untuk memperoleh Nilai IKM unit pelayanan digunakan pendekatan nilai rata-rata tertimbang dengan rumus sebagai berikut :
                                                                                                                                                                                                                                               
                              Total dari Nilai Persepsi Per Unsur            
  IKM=                                                                      x Nilai penimbang = Hasil
                               Total unsur yang terisi  


Untuk memudahkan interpretasi terhadap penilaian IKM yaitu antara      25 – 100 maka hasil penilaian tersebut di atas dikonversikan dengan nilai dasar 25, dengan rumus sebagai berikut :
                                                                                                                                                                                                                                               

IKM Unit Pelayanan x 25



Tabel Nilai persepsi interval IKM
Interval konversi IKM mutu pelayanan dan kinerja unit pelayanan


NILAI PERSEPSI
NILAI INTERVAL IKM
NILAI INTERVAL
MUTU PELAYANAN
KINERJA UNIT PELAYANAN
1
1,00 - 1,75
25 - 43,75
D
TidakBaik
2
1,76 - 2.50
43,76 - 62,50
C
KurangBaik
3
2,51 - 3,25
62,51 - 81,25
B
Baik
4
3,26 - 4,00
81,26 - 100,00
A
SangatBaik




LAPORAN HASIL PENYUSUNAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT ( IKM )
PELAYANAN SIM SATPAS POLRES TANAH BUMBU

PENGOLAHAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PER RESPONDEN
DAN PER UNSUR PELAYANAN

UNIT PELAYANAN : SIM SATPAS POLRES TANAH BUMBU
ALAMAT                 : JL.BHYANGKARA KM.2 SIMPANG EMPAT KAB.TANAH BUMBU