Pelayanan Samsat

    SAMSAT

        Samsat Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu diselenggarakan dengan tujuan  memberikan pelayanan pengesahan STNK tiap tahun, perpanjangan STNK 5 tahun, BBN I dan BBN II, serta perubahan (ganti Nopol, ganti warna, ganti mesin, dll) untuk masyarakat yang berdomisili di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. 

            Samsat Tanah Bumbu memfokuskan pelayanan pada pemenuhan kepuasan wajib pajak, yang diharapkan secara keseluruhan mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik.Untuk meningkatkan pelayanan prima, telah diberlakukan Sistem Samsat Online untuk wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dan untuk memudahkan pengurusan Samsat di wilayah Polda Kalimantan Selatan.


VISI, MISI DAN MOTO PELAYANAN


VISI

Terwujudnya  unit penyelenggara pelayanan secara transparan dan akuntabel berbasis teknologi dan informasi demi kepuasan masyarakat yang mampu dan trampil dalam mengendarai kendaraan bermotor


MISI

a.  Mewujudkan pelayanan Prima kepada masyarakat  secara cepat  transparan dan akuntabel.
b.  Memelihara sarana kerja dengan seksama.
c.  Menyarankan kepada masyarakat agar mengurus surat sendiri tidak melalui calo.
d.  Memuaskan masyarakat.


MOTTO PELAYANAN

Kepuasan anda adalah tujuan layanan kami


RUANG LINGKUP LAYANAN



Samsat Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu melayani wajib pajak untuk mengurus administrasi kendaraan bermotor mereka yang meliputi:
1.       Pengesahan STNK 1 tahun.
2.       Pergantian STNK 5 tahun.
3.       Pendaftaran Kendaraan Baru (BBN I).
4.       Balik Nama Kendaraan, Rubah Bentuk, Rubah Warna dll (BBN II)
5.       Mutasi Kendaraan.

 

PERSYARATAN DAN PROSEDUR



Yang perlu disiapkan oleh wajib pajak:

 1. Pengesahan STNK 1 tahun:

 -          STNK asli

 -          KTP identitas pemilik ranmor

 

 2. Pergantian STNK 5 tahun:

 -          STNK asli

 -          KTP pemiliki ranmor

 -          Cek Fisik ranmor

 -          Fotocopy BPKB


 3. Pendaftaran kendaraan baru (BBN I):

 -          Faktur

 -          Cek Fisik

 -          Pendaftaran BPKB

 

 4. Balik nama (BBN II):

 -          Fotocopy KTP pemilik baru
 -     STNK

 -          Kwitansi jual beli bermaterai secukupnya

 -          Cek Fisik kendaraan

 -          Pendaftaran BPKB


 5. Rubah Warna :

 -          Fotocopy KTP

 -     STNK
 -          Surat Keterangan Rubah Warna dari Bengkel

 -          Cek Fisik kendaraan


 6. Mutasi

 a.       Mutasi keluar daerah dalam provinsi:

 -          Fotocopy KTP / Akte Pendirian Perusahaan / PT

 -          BPKB asli

 -          STNK asli

 -          Cek Fisik

 -          Kwitansi jual beli

 

b.      Mutasi keluar daerah provinsi:

-          Fotocopy KTP / Akte Pendirian Perusahaan / PT

-          BPKB asli

-          STNK asli

-          Cek Fisik

-          Kwitansi jual beli

-          Foto ranmor (muka belakang kiri kanan)

 

 c.       Mutasi Masuk dari daerah dalam provinsi:

 -          Surat pengantar mutasi

 -          Surat pengganti STNK

 -          Surat kelengkapan berkas ranmor

 -          Cek fisik (kendaraan hadir)

 -         Fotocopy KTP

 -          Kwitansi jual beli / surat pelepasan hak kendaraan

 -          Surat Keterangan Fiskal

 -          Notis pembayaran pajak terakhir

 

 d.      Mutasi Masuk dari luar provinsi:

 -          Surat pengantar mutasi

 -          Surat pengganti STNK

 -          Surat kelengkapan berkas ranmor

 -          Cek fisik (kendaraan hadir)

 -          Fotocopy KTP

 -          Kwitansi jual beli / surat pelepasan hak kendaraan

 -          Surat Keterangan Fiskal

 -          Notis pembayaran pajak terakhir

 -          Rekomendasi dari Ditlantas Polda Kalsel (dan bukti cross-check)

 

 

LOKET I (PENDAFTARAN)



Menerima pendaftaran dan penetapan seperti : Pendaftaran Baru, pergantian STNK, perubahan (ganti nopol, ganti warna, ganti mesin, STNK rusak/hilang, rubah status, dll), ganti pemilik, pendaftaran mutasi masuk/keluar, pengesahan STNK.


Memeriksa kelengkapan persyaratan dan apabila sudah memenuhi syarat, wajib pajak diberikan nomor antrian dan dipersilakan menunggu proses selanjutnya.


Mengarahkan wajib pajak untuk membayar  biaya administrasi PNBP (apabila pendaftarannya terkait dengan pendaftaran baru, perubahan dan pergantian STNK) ke Loket

Bank Kalsel.

 

LOKET II (PEMBAYARAN DAN PENYERAHAN)



Mengarahkan wajib pajak untuk melakukan pembayaran pajak yang sudah ditetapkan di kasir Bank Kalsel.

Menyerahkan STNK yang sudah selesai kepada masyarakat sesuai dengan nomor antrian dan memberikan ucapan terima kasih serta hati-hati di jalan.


LOKET PENDUKUNG :



CEK FISIK

Guna mendukung kelengkapan berkas pada pendaftaran kendaraan baru, perpanjangan STNK dan perubahan identitas ranmor, dilakukan cek fisik yang meliputi: cek nomor rangka, nomor mesin, serta kelengkapan ranmor.



TNKB


Melakukan pencetakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) sesuai order.


ARSIP


Melakukan pengarsipan dokumen ranmor yang sudah selesai sesuai nomor polisi di gudang arsip.



STANDAR WAKTU PELAYANAN YANG DIBUTUHKAN :

Pengesahan          :  15   menit.

Perpanjangan       :  30   menit

Mutasi/Perubahan : 45   menit

Baru                      :  35   menit


KOMPLAIN DAN PENGADUAN

 

Kami menyadari bahwa kami belum sempurna, tapi kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Jika ada masukan, kritik, saran atau pengaduan mengenai pelayanan kami di Samsat Batulicin Kabupaten tanah Bumbu, Anda bisa menghubungi kami via:

  • Pengaduan ke nomor HP : 085248444666
  • Email lalu lintas : lantastanbu@gmail.com
  • Blog lalu lintas : http://satlantastanahbumbu.blogspot.comInstagram : @satlantas_tanahbumbu
  • Twitter : @satlantastanbu
  • Facebook : Lantastanbu
  • Youtube : Satlantas Polres Tanah Bumbu